Resep Asupan Pascabegadang - Hijaubiru

Jumat, 29 Juli 2022

Resep Asupan Pascabegadang


Siapa yang pernah nggak tidur sampai pagi tapi esok hari harus tetap terjaga atau beraktivitas? Biasanya night owl, penghobi nulis, atau mahasiswa nugas suka begini, nih, hehe. Dengan kata lain, kita nggak ada waktu buat tidur setidaknya hingga siang. Kalau sudah gitu, biasanya orang bakal menenggak kopi supaya tetap melek. Tapi gimana dengan orang yang nggak biasa minum kopi? Atau yang minum kopi aja udah nggak kuat?


Beberapa hari yang lalu, saya juga begadang sampai pagi. Paginya, baru kerasa, deh, efeknya, haha. Pengin minum kopi aja biar nggak ngantuk, tapi karena masih pagi jadi takut lambung nggak kuat. Agak lunglai pula gara-gara semalam nggak tidur meski sempat goleran. Kalau udah ditambah lemas gini, manalah mungkin minum kopi. Namun, kemudian, saya nemu menu sarapan yang cukup membantu. 


Apa itu?

Kombo protein + (gula) fruktosa + kafein. Bisa ditambah serat atau lemak biar lebih kenyang. 


DISCLAIMER: menu ini bisa aja nggak cocok untuk orang lain karena kondisi tiap orang beda-beda. Apalagi kalau memang punya penyakit tertentu, lebih lagi kalau penyakitnya memang akut (misal maag akut). Kalau seperti itu, please jangan dicoba. Langsung konsul aja ke tenaga medis daripada coba-coba tapi nanti kenapa-kenapa. Apalagi kalau mudah lelah atau nggak biasa begadang, jangan jadi nyobain begadang juga, ya! 


MAKAN: 

  • Telur (2)   ---> protein
  • Sosis (2)   ---> protein
  • Selada (3 lembar kecil)   ---> serat
  • Tomat kecil (1/2 butir)   ---> serat


MINUM (1 mug tinggi), campuran dari:

  • pisang (besar, 1 buah) ---> fruktosa || Bisa 2 buah kalau mau lebih kental atau lebih kenyang. Kalau pisangnya kecil (misal: pisang susu), bisa lebih dari 1
  • kopi hitam (1 sdt) ---> kafein || encerkan dalam segelas kecil air panas. Tunggu mengendap, ambil airnya.
  • susu bubuk, bisa vanila atau coklat. Kemarin pakai keduanya supaya rasa pisang dan kopinya lebih campur. Nggak tahu betul atau enggak, ya, rasa-rasanya pisang lebih bisa nge-blend dengan rasa vanila, sedangkan pahitnya kopi bisa lebih tersamarkan oleh rasa coklat. 
  • air es + air biasa 1:1. Pakai air es biar agak segar. Kalau enggak juga nggak apa-apa. 
  • blender keempatnya. 


(Kalau dipikir-pikir, kok rada mirip cure-nya orang hangover, ya....)


Lemas setelah begadang adalah pertanda tubuh kekurangan energi, selain karena kurang istirahat. Artinya, kita harus segera makan supaya kebutuhan nutrisi dan energi terpenuhi. Namun, karena udah lemas, gizi yang masuk sebaiknya dari golongan yang cepat 'dipecah' tubuh jadi energi supaya lemasnya hilang.


Gula fruktosa bisa cepat 'dipecah' tubuh jadi energi, sedangkan kafein biar tetap melek. Kalau protein, entahlah apa fungsi tepatnya, tapi buat saya bisa bikin nggak begitu lemas dan lebih fokus. Sebagai zat pembangun, mungkin fungsinya buat asupan otot-otak atau sebagai zat selanjutnya yang 'dibongkar' jadi energi ketika fruktosanya udah habis terpakai? Kalau serat ya biar kenyangnya lebih lama aja, plus buat buat sumber vitamin meski sedikit. 


Gula fruktosa itu apa, sih?

'Gula' di sini bukan gula pasir, ya, tapi gula dalam konteks biokimia. Gula adalah zat utama yang jadi sumber energi tubuh kita. Gula ada macam-macam jenis, salah satunya fruktosa. Dia ini gula yang paling cepat 'dipecah' tubuh sehingga bisa lebih cepat ngehasilin energi. Fruktosa biasanya dari buah-buahan. 


Buah favorit saya kalau lagi lemas adalah pisang dan alpukat. Meski sebenarnya, sih, alpukat lebih banyak mengandung lemak daripada gula. Namun, buat saya, kedua buah ini mengenyangkan dan cukup cepat bikin tenaga balik lagi. Tapi karena alpukat termasuk buah musiman, jadi ya tergantung suplai di pasar. Beda dengan pisang yang selalu ada. Plus, harga pisang lebih terjangkau daripada alpukat, hehe.


Anyway, karbohidrat a.k.a karbo pun termasuk jenis gula. Makanya dulu waktu sekolah, kita diajari bahwa nasi adalah sumber energi.

"Jadi boleh kalau fruktosanya diganti karbo; buah diganti nasi?"

Boleh-boleh aja. Kan ngga ada hukumnya, hehe. Cuma, karbo (nasi, jagung, ubi, dkk) itu lebih lama dipecah daripada fruktosa karena rantai karbonnya lebih panjang. Padahal, dalam kondisi di atas, kita lagi butuh yang cepat.


Kelar dengan fruktosa, kita lanjut ke kafein. Kalau ini pada tahu lah, ya, fungsinya biar tetap melek. Sebetulnya, kafein juga punya efek lain ke tubuh: bikin denyut jantung lebih cepat, sakit perut/maag kalau nggak kuat (karena sifatnya asam), bahkan bisa ngurangin sakit kepala. Coba, deh, perhatikan komposisi obat pereda sakit kepala atau migrain, biasanya ada kafeinnya. Tentu dengan dosis yang lebih tinggi daripada kopi. 


Salah satu alasan kenapa  saya cuma pakai sedikit kopi adalah supaya nggak begitu deg-degan. Saya emang nggak biasa minum kopi pagi-pagi sehingga khawatir jantung atau lambungnya kaget. Alasan ini juga yang bikin saya cuma pakai 1 sdt kopi: karena saya kuatnya segitu. Kalau orang yang lebih tahan, mungkin bakal butuh lebih dari 1 sdt.  Apalagi peminum kopi hitam sejati, 3 sendok aja tetap bisa ngantuk, hahaha. Jadi, dosisnya sesuaikan dengan kebutuhan aja, ya.


Oh, ya, campuran buah plus susu juga (harapannya) bisa berfungsi buat menetralisasi (yes, bukan netralisir) efek kopi ke lambung. Kafein, kan, sifatnya cenderung asam. Jadi seenggaknya buah+susu bisa jadi 'alas' ngelemeki lambung biar nggak bersentuhan dengan kopi doang.


Susu buat apa? Sejujurnya, ini saya pakai buat perasa aja kayak di poin atas, hahaha. Tapi fungsinya bisa juga buat penambah energi dan zat pembangun.


Kalau udah minum, kenapa masih butuh makan protein?

Cmiiw, protein adalah 'makanan' buat otot dan otak. Mungkin, ya, mungkin, karena dia adalah zat pembangun, jadi protein ini bisa ngebantu kerja otot yang lagi capek/lemas karena begadang. Mungkin lagi, dia bisa ngasih asupan ke otak biar seenggaknya bisa buat mikir agak jernih meski lagi capek. Nggak tahu, sih, tapi protein ini ngebantu banget supaya badan nggak begitu lemas dan mata nggak begitu muter setiap saya habis begadang (apalagi kalau lama mantengin laptop).


Again, jumlah dan jenis protein ini tergantung kebutuhan karena badan tiap orang beda-beda. Saya mungkin butuh dua telur+sosis, tapi orang lain bisa aja butuh cuma sebutir atau malah nambah jadi tiga butir. Terus, apa harus telur dan sosis? Enggak juga, bisa pakai sumber protein apa aja. Kadang sosis saya ganti tahu atau tempe, kadang makan telur doang, kadang tempe/tahu doang. Seadanya yang ada di kulkas aja, hehehe. Toh protein lokal Indonesia nutrisinya juga nggak kalah dari sarapan ala Barat. Ganti ikan atau daging? Monggo....


Alasan lain kenapa saya pilih menu di atas karena penyajiannya juga gampang: tinggal kasih garam lalu goreng. Saya lebih suka masak yang ringkas aja kalau pagi. Biar nggak ngehabisin lebih banyak waktu+energi pascabegadang. Misal nggak mau digoreng, direbus atau dikukus juga bisa.


"Kok kayak menu sarapan biasa?"

Well, iya. Kalau kamu biasa makan protein sebagai menu utama sarapan. Tapi, kebiasaan yang umum di sini kayaknya lebih banyak porsi karbohidratnya yak daripada protein dsb. Buat saya, kalau habis begadang gini lebih efektif kalau digerojog protein. Atau kalau udah biasa sarapan tinggi protein, mungkin 'dosis' atau kuantitasnya bisa dinaikin lagi karena habis ngeforsir badan semalaman. 


Itu tadi asupan (versi saya) buat membantu tubuh biar bisa tetap terjaga dan beraktivitas pasca begadang tanpa tidur. Garis bawahi kata 'membantu', ya. Jadi tetap nggak bisa bikin performa tubuh jadi optimal kayak biasanya; cuma bantuin aja biar nggak ambruk. 


Dan, sebaiknya emang begadang tanpa tidur sama sekali ini dihindari. Apalagi kalau esok hari harus tetap beraktivitas. Apalagi kalau aktivitasnya sampai sore. Tinggi asupan gizi akan percuma tanpa dibarengi istirahat yang cukup. Jadi, kalau sempat, usahakan siangnya tetap tidur, ya. 


Ibarat mesin, kalau cuma digelontor bahan bakar terus-menerus tapi dijalankan non-stop sampai aus, nggak dikasih berhenti buat maintenance, ya performanya tetap nggak akan bagus. 



Picture credit: CONG and Pinkeu.ping on Pngtree

Tidak ada komentar: