Menjajal Hostel - Hijaubiru

Jumat, 15 Juli 2022

Menjajal Hostel

Tampak dalam kamar hostel. Satu kamar diisi beberapa tempat tidur susun atau bunkbed. Tampak bunkbed terletak tepat berdampingan dan diberi tirai agar tamu hostel lebih privat dan nyaman dalam beristirahat.


Yup, hotel dengan 's'; hostel. Bukan saltik.


Meski cuma beda satu huruf, hotel dan hostel cukup berbeda. Keduanya sama-sama penginapan, tapi fitur yang ditawarkan nggak sama. Kalau di hotel kita menyewa kamar, maka ibaratnya di hostel kita sewa tempat tidur. Sebab, beda dengan hotel yang menyediakan satu kamar+kasur+kamar mandi, hostel menyediakan satu ruangan yang diisi beberapa tempat tidur sekaligus. Artinya, satu ruangan bisa dihuni bersama oleh beberapa orang yang bahkan nggak saling kenal.


Pernah lihat kamar tidur di asrama? Ya kira-kira begitulah bentuknya. 


Gimana dengan fasilitas penginapan lain, kamar mandi misalnya?

Sama, kamar mandi ada di luar kamar dan juga dipakai bersama. Jadi nggak ada tuh istilah kamar mandi dalam kayak kalau cari kos, hehe. Hal lain yang agak beda dari hotel adalah hostel menyediakan dapur+alat masak dan living room. Jadi ya semuanya dipakai bersama. 


Tampak dalam kamar hostel. Satu kamar diisi beberapa tempat tidur susun atau bunkbed. Tampak bunkbed terletak tepat berdampingan dan diberi tirai agar tamu hostel lebih privat dan nyaman dalam beristirahat.
Penampakan kamar/dorm dengan tempat tidur susun.
Di hostel yang saya inapi, tiap bed diberi tirai. 

Meski udah lama tahu soal hostel, sebenarnya saya baru sekali nyobain. Itu pun baru beberapa hari lalu dan kebetulan; nggak direncanakan. Sebelum-sebelumnya lebih akrab bermalam di hotel, homestay, atau penginapan lainnya yang berkonsep sewa 1 kamar untuk sendiri (atau numpang di rumah/kosan teman, hahahah). Cuma perasaan saya atau emang di sini hostel lebih jarang ditemui daripada hotel? Dan orang-orang pun banyak yang lebih familiar dengan hotel?


Gimana ceritanya bisa milih hostel?

Jadi beberapa hari lalu, saya dan seorang teman pergi ke Kota Malang. Sebetulnya nggak berniat menginap, tapi karena ada sedikit perubahan jadwal, kami harus cari tempat istirahat. Agak maju-mundur juga waktu cari penginapan karena dini hari kami sudah harus cabut, jadi sayang bayarnya kalau cuma nginap sebentar. Akhirnya kami cari penginapan berharga paling miring di dekat Stasiun Malang Kota. Ketemulah angka Rp62.000 di salah satu penginapan. "Kok murah banget?"


Penginapan itu ternyata adalah hostel.

"Oh ya pantes."

Harga hostel memang lebih murah daripada hotel, kadang bisa jauh banget murahnya. Meski akhir-akhir ini mulai banyak hostel eksklusif atau capsule hotel yang harganya setara dengan satu kamar di hotel sederhana. Harga tadi adalah harga per orang di dorm campur laki-perempuan. Berdua cuma 125 ribu; lebih murah sekian puluh ribu daripada harga satu kamar hotel sederhana di area situ. Yo wes, langsung booking


Malam itu kami tiba di SO! Boutique Hostel di bilangan Jalan Majapahit. Lokasinya nggak jauh dari stasiun, tugu, dan alun-alun. Dari luar, kami nggak menyangka kalau betul ini bangunannya kalau bukan karena ada plangnya. Soalnya, dari luar kelihatan lebih mirip ruko atau kantor, bahkan begitu masuk, vibes-nya lebih kayak kafe.


Seantero bangunan dipenuhi cahaya warm white. Lantai satu tampak kosong-melompong. Naiklah kami ke lantai dua dan rupanya di sinilah lobinya. Ada meja resepsionis, set meja-kursi serta hamparan karpet di depannya. Seorang bule pirang tengah goleran santai di sana sambil memainkan ponselnya. Denting perkakas masak terdengar dari dapur di belakang resepsionis. 


Dengar-dengar, hostel memang lebih populer di kalangan WNA, khususnya yang backpacker atau budget traveller. Kenapa? Ya karena murah. Ada fasilitas dapur pula, jadi kalau pengin menghemat biaya makan ya bisa masak. Makanya di depan resepsionis tadi ada meja-kursi yang bisa dibuat tempat makan bersama.


Ruang makan/ruang duduk di hostel memang difungsikan sebagai tempat komunal supaya tamu yang tak mengenal bisa saling berinteraksi. Berawal dari sapaan, nanya asal, kemudian berlanjut jadi tukar info soal travelling. Bahkan kemudian bisa jalan bareng kalau tujuannya sama, urunan transpor atau sewa kendaraan, dsb. 


Sepertinya SO! Boutique Hostel cukup banyak dikunjungi WNA. Papan coklat di seberang meja resepsionis dipenuhi foto-foto warga asing yang pernah menginap di sini. Ada juga potret tamu-tamu Indonesia. Kertas warna-warni menyeruak dari sela-sela foto, berisi kesan-pesan mereka.


Setelah check-in, kami masing-masing diberi kartu bertuliskan nomor bed dan semacam gelang oleh mbak penjaga. Dua barang ini berfungsi membuka pintu kamar dan loker serta menyalakan lampu di bilik bed. Naiklah kami ke lantai tiga sambil melihat-lihat desain penginapan yang sangat minimalis.


Satu hal yang kami sadari ketika masuk hostel ini adalah: temanya industrial. Dinding dibiarkan (atau dibuat?) bersemen abu-abu tanpa dicat. Demikian juga lantainya. Pipa dan kabel serba putih mencuat dari langit-langit, berbaris rapi. Terundak tangga terbuat dari kayu coklat muda yang disangga tiang dan teralis putih; minimalis. Tangga ini berada di tengah ruangan seakan jadi pembatas antara sisi kamar+loker dan kamar mandi+wastafel.


Di lantai tiga terdapat dua dorm/kamar campur, sedangkan di lantai empat, kamar cowok-cewek dipisah. Harga kamarnya juga beda antara dipisah atau enggak. Harga mixed dorm lebih murah, sedangkan yang dipisah dibanderol seratus ribu sekian rupiah, kalau nggak salah lihat.  Suara obrolan berbahasa Indonesia terdengar dari lantai atas, sedangkan di sini sayup-sayup percakapan berbahasa asing mengalir dari balik pintu. Di samping pintu-pintu inilah berdiri loker-loker sebagai pengganti lemari. 


Waktu itu kami bingung gimana buka lokernya karena nggak ada kunci atau slot kartu. Nge-tap kartu juga nggak bisa. Setelah tanya pada sesama penghuni yang kebetulan lewat, ternyata tinggal tap aja gelang karet tadi ke nomor loker. Beep, dan cklek! Loker pun terbuka. Saya berasa kudet, haha. Tadinya mikir ini gelang fungsinya apa, kan udah ada kartu. Oh ternyata....


Setelah naruh barang di loker, kami pun masuk ke kamar. Beberapa tempat tidur susun (bunkbed) tertata rapi dengan gorden sebagai penutup. Di sini, antarkasur pun dipisah dengan triplek sehingga lebih tampak seperti bilik kecil daripada bunkbedBed-nya tampak lumayan rapi dengan sprei dan bantal putih. Diberi juga satu selimut tipis.

Loker berderet di depan kamar/dorm hostel. Loker juga dipakai untuk menggantung dan mengeringkan handuk basah. Tampak juga tempat tidur hostel. Di sini, tiap bed diberi papan pemisah sehingga terlihat seperti bilik kecil.

Gimana rasanya tidur di bunkbed, komunal pula?

Ya gitu; sama aja kayak tidur biasa. Buat saya, kasurnya nyaman-nyaman aja, sih. Empuk, nggak keras. Cukup bersih pula meski nggak bersih banget atau nggak wangi. Karena tiap tempat tidur ada tirainya maka bisa lebih bebas meski komunal. Nggak perlu khawatir ada yang ngebatin, "Ini orang pose tidurnya gini banget", hehehe. 


Cuma kalau udah malam banget dan malas ngobrol di ruang duduk, ngomongnya kudu bisik-bisik biar nggak ganggu penghuni di bilik lain. Karena tiap bilik bed ada lampu sendiri, jadi aman lah kalau belum mau tidur tapi pengin goleran atau baca buku di kasur. Nggak kayak asrama yang lampunya satu dipakai seruangan.


Sekadar saran buat yang gampang pusing atau punya vertigo: mending pilih kasur di bawah. Jangan pilih bed yang atas. Waktu nginap kemarin, saya sengaja pilih bed atas karena penasaran. Lupa, kalau saya lagi gampang pusing. Waktu saya lagi tidur-tidur ayam, ada penghuni yang gerak agak kenceng. Meski mungkin nggak sadar pindah posisi tidur, otomatis semua bed ikut goyang. Meski pelan, tapi diayun halus dan berkali-kali kayak gitu ternyata bisa bikin pusing beneran. 


Oh ya, saran ini juga berlaku buat yang trauma gempa atau gampang kebangun karena gempa. Ayunan bed-nya haluuus kayak kalau lagi gempa. Kalau tidur di kasur bawah mungkin nggak akan begitu terasa.


Mandinya gimana? Makannya gimana? Shalatnya gimana?


Kamar mandi dipakai bareng. Di sini shower dan toilet terpisah, tapi saling hadap. Toiletnya model toilet kering, tapi tenang aja ada bidetnya, kok. Toilet dan shower dua-duanya bersih. Biliknya juga ada banyak jadi meski dipakai bareng, nggak perlu ngantre.


Karena bukan hotel, maka nggak dapat makan. Bisa masak atau cari di luar. Pas banget hostel ini dekat dengan pusat keramaian sehingga gampang kalau mau cari makanan jadi. Asal nggak makan di dalam kamar biar kamarnya nggak bau. Bisa makan di lantai dua atau kursi depan kamar.


Di sini kebetulan nggak ada mushalla. Jadi kami wudhu di shower kemudian mojok di kamar lalu gelar sajadah. Oh iya, pastikan posisi shalat nggak menghalangi bed orang. Kalau menghalangi karena nggak ada tempat lain, izin dulu. Kebetulan kemarin bunkbed di pojok kamar nggak ada penghuninya, tapi ada tangga buat bunkbed sebelahnya yang cukup terhalangi kalau kita shalat. Jadi teman saya izin dulu ke mas penghuninya.


Jadi, apa menginap di hostel tergolong recommended?

Tergantung. Kalau sekadar nyari tempat tidur, recommended. Apalagi kalau seharian dipakai travelling dan malam tinggal capeknya. Apalagi buat orang yang, kayak saya yang kemarin, cuma transit sebentar: recommend. Tidur dan istirahat di hostel cukup nyaman juga, kok. 


Hostel kurang cocok kalau kamu orangnya gampang kebangun. Sebab, bisa jadi tidurmu justru nggak nyaman karena tempat tidurnya goyang, dengar suara gedebak-gedebuk, atau terganggu ngoroknya penghuni lain.


Kalau soal kebersihan, fasilitas, kenyamanan, dsb, saya rasa tergantung hostelnya. Karena kemarin hostel yang dikunjungi bersih dan tertata, jadi rasanya cukup nyaman. Anyway ringkasnya kayak di bawah ini. Dan, poin ini buat hostel secara umum, bukan spesifik yang saya kunjungi kemarin, ya. 




==========================================================


H O S T E L

Cocok buat yang:

  • nyari harga (relatif) murah 
  • backpacker/budget traveller
  • cari tempat rehat beberapa jam sambil leyeh-leyeh
  • pengin nambah teman atau latihan English speaking (lebih mungkin ketemu WNA. Tapi pastikan mereka nyaman diajak ngobrol juga, ya)
  • nyari teman jalan bareng/urunan transpor dll
  • tukar info


Kurang cocok buat yang:

  • nyari tempat privat (yang pengin bebas menguasai satu ruangan + KM)
  • susah tidur atau gampang kebangun 
  • kurang waspada/sembrono. Karena kamar komunal, baiknya lebih hati-hati menjaga barang 
  • fisiknya sungguh rentan atau kurang enak badan, karena bisa tertular atau menulari rekan sekamar (karena lagi pandemi. Kalau nggak lagi pandemi sebetulnya juga bisa penularan penyakit lain airborne. Tapi ini balik lagi ke penginapannya, sih. Penginapan selain hostel juga bisa tertular penyakit kalau nggak bersih)


Saran kalau kamu nginap di hostel:

  • Meski ada loker, tetap bawa barang berharga ke kasur. Kalau keluar, ya dibawa. (Ini bisa dipakai nggak cuma di hostel aja, sih. Di hotel dll juga bisa)
  • Friendly tapi tetap hati-hati pada orang baru; nggak sepenuhnya percaya. Ada banyak sharing kisah tertipu teman yang baru kenal di perjalanan 
  • Cek ada jam malamnya atau enggak
  • Kalau lagi kurang enak badan/khawatir tertular penyakit khususnya yang sejenis flu atau penyakit airborne lain, lebih baik nginap di kamar yang lebih privat. Tbh kemarin berani nginap di hostel karena cuma stay beberapa jam


==========================================================


2 komentar:

  1. Baru kali ini "ketemu" orang yang nyobain hostel langsung, biasanya kan seliweran aja di medsos. Menarik, lihat isinya beneran, kayak lokernya itu. Hihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas lihat deretan loker kemarin berasa lagi di koridor sekolah di film-film remaja LN, haha

      Hapus