Reminiscing Narnia - Hijaubiru

Sabtu, 02 Maret 2024

Reminiscing Narnia

Soca Valley (Lembah Soca), Slovenia - 
- Salah satu lokasi film Narnia: Prince Caspian -


 [NB: Mengandung spoiler


Beberapa waktu ini sedang suka-sukanya (lagi) sama film Narnia, termasuk sekuel-sekuelnya. Film masa kecil ini nggak cuma punya cerita yang menarik, tapi juga sinematografi yang bagus dan setting tempat yang keren-keren (dan bikin pengin lihat lokasinya langsung, haha). Di mata saya.

 

Kesannya soft dan eloquent (brb nyari padanan katanya) untuk film yang di dalamnya ada cerita perang, makhluk buas setengah manusia, dan adegan-adegan bertahan hidup yang bikin deg-degan.

 

Gara-gara mengenang kembali film ini, saya jadi ‘disadarkan’ betapa waktu sudah berlalu cukup lama.

 

Apa hubungannya?

 

Awalnya, saya nggak sengaja lihat credit sebuah film. Di sana ada satu nama aktor yang pernah main di film Narnia. Penasaran, saya browsing gambar-gambar film itu. Kening saya berkerut. ‘Kok kayaknya nggak ada wajah yang familiar, ya?’ Rasanya nggak ada wajah pemeran tokoh Narnia dalam scene-scene yang bertebaran di film baru ini.

 

Browsing lagilah saya. Kali ini menyertakan nama pemeran+judul filmnya. Lalu… jeng jeng!

Tampaklah sebuah wajah nggak familiar…

 

… yang, ketika dilihat lebih teliti, ternyata mirip dengan salah satu aktor Narnia.

 

Ya gimana nggak mirip, lha wong mereka emang orang yang sama! Wajahnya tambah dewasa aja.

 

Kini saya yang terperangah. Membatin, ‘Seriusan?’

Pasalnya, nama dan wajah yang tersimpan di ingatan saya adalah sosok mas-mas 17 tahunan; sekitar usia SMA atau anak kuliahan. Bukan wajah seseorang yang lebih mirip seperti bos berpengalaman/very gentlemanly-looked gent.

 

Beda banget dibanding dulu. Lalu saya pun menghitung waktu. Ah, udah lebih dari sepuluh tahun semenjak saya pertama nonton Narnia. Itu pun beberapa tahun setelah tanggal rilisnya. Ya… pantas aja kalau wajah aktornya sudah berubah.

 

Di saat yang sama, melihat foto wajah itu, rasanya saya seperti melihat sebuah cermin. Bukan, bukan karena parasnya yang rupawan lalu saya merasa tampang saya ikut cakep juga (LOL), tapi lebih ke usia. Dia yang dulu muda, sekarang udah nampak lebih dari dewasa. Berarti saya juga bertambah  tua, dong!

 

*Sigh*

Namanya hidup memang tambah tua, bukan?’ Saya berkata pada diri sendiri.

 

Memang ada betulnya perkataan orang: kadang, kita nggak berasa kalau bertambah tua atau bertambah usia. Kita baru berasa saat ngelihat orang lain yang bertambah tua. Ortu dan om-tante yang dulu tegap lalu sekarang bungkuk dan mulai ompong, teman-teman yang kini jadi ayah-bunda, adik bayi yang dulu kita jagain yang sekarang udah SMP/SMA bahkan kuliah.

 

Lantaran menemukan fakta bahwa aktor dari film masa kecil kini nggak lagi muda, saya seperti ‘baru melihat’ realita. Seperti udah mengetahui sesuatu, tapi sekarang baru ‘berasa’.

 

The reality that we’re—I am—getting older rarely really sinks in until I see other people age.

I shouldn’t be surprised, but I was  ðŸ˜…


Yah... kayak waktu mengenang film Narnia tadi.



Tidak ada komentar: