Sherlock Holmes: Serial TV - Hijaubiru

Jumat, 24 Mei 2013

Sherlock Holmes: Serial TV




Postingan kali ini masih berhubungan dengan postingan sebelumnya. Masih berbau-bau detektif London yang tersohor itu, Sherlock Holmes. Lha terus, apa bedanya? Ya bedanya, kalau di postingan ini saya membahas selentingan kabar antara Holmes dan Irene Adler, maka di posting yang ini saya akan bahas tentang Sherlock Holmes yang difilmkan dan tayang di TV.

Tayang di TV? Yup. Sekarang, kisah Sherlock Holmes nggak cuma difilmin di layar lebar aja. Cerita ini sudah dibuat versi serialnya. Jadi, tayang di TV pada hari-hari tertentu. Macam sinetron gitu (cuma ceritanya beda banget sama sinetron kebanyakan, anyway). Sayangnya, serial ini cuma tayang di BBC Channel, Inggris.

Penonton yang baru pertama kali ngelihat serialnya mungkin kaget, “Kok gini? Nggak bau-bau abad pertengahan sama sekali?”. Iya, memang. Dalam seri TV, kisah Sherlock Holmes memang sengaja diadaptasi dalam bentuk modern. Jadi, kalau di novel Watson nulis memoar kisah-kisah petualangan mereka, maka di seri TV, Watson menulisnya dalam bentuk blog. Kalau di novel, detektif konsultan ini bakal sering naik kereta kuda (yang zaman itu keberadaannya mirip ojek, gampang ditemuin di jalan-jalan), maka di seri TV, Holmes akan naik taksi. Dan banyak perbedaan lainnya (yang emang dibuat gitu).

Lha trus, ceritanya jadi beda dong?

Prinsip cerita tetap sama dengan novel. Hanya, memang ada perbedaan-perbedaan. Misalnya: dalam novel, Holmes dianggap meninggal akibat jatuh dari air terjun. Di seri TV, Holmes meninggal karena jatuh dari atap gedung. Kadang ada juga perbedaan gede, yang sejatinya nggak ada di novel seperti penambahan tokoh yang aslinya nggak ada di novel seperti Molly Hooper (analis di Barts) atau Donovan (polisi yang sensi abis pada Holmes). Hal ini merupakan kreativitas produser (karena dibikin semirip apapun, kalau setting waktunya udah beda, pasti butuh pendekatan beda kan?).

Meski kadang terdapat perbedaan besar, seri TV ini tetap worth it. Bukan karena banyak perbedaan dengan versi asli, lalu jadi ngebosenin. Nggak. Seri TV ini tetap aja menarik. Coba deh, ditengok dulu di youtube.

Holmes versi seri TV ini sudah tayang di BBC Channel sejak Juli 2010. Sejauh ini, sudah ada enam judul yang tayang hingga 2012. Untuk 2013,  kayaknya sih masih proses produksi karena di mbahWiki belum ada tanggal mulai tayangnya. Enam judul itu antara lain:
  1. A Study In Pink (2010)
  2. The Blind Banker (2010)
  3. The Great Game (2010)
  4. A Scandal In Belgravia (2012) -berdasarkan kisah A Scandal In Bohemia
  5. The Hounds of Baskerville (2012)
  6. The Reichenbach Fall (2012)

Untuk judul pertama, kelima, dan keenam, diadaptasi dari kisah berjudul sama. Namun, untuk judul kedua dan ketiga, saya belum menemukan kisah aslinya. Ada yang tahu?

Di awal postingan, saya bilang bahwa Watson menulis blog sebagai ganti memoar. Uniknya, blog ini benar-benar ada di dunia maya di alamat http://www.johnwatsonblog.co.uk/. Nggak itu aja, blog Holmes pun ada di http://www.thescienceofdeduction.co.uk/.


Pemeran:
Benedict Cumberbatch sebagai Sherlock Holmes
Mark Gatiss sebagai Mycroft Holmes
Martin Freeman sebagai John Watson
Una Stubbs sebagai Mrs. Hudson
Louise Brealey sebagai Molly Hooper
Rupert Graves sebagai Detective Inspector Lestrade
Andrew Scott sebagai James Moriarty
Vinette Robinson sebagai Sergeant Sally Donovan

Muncul di The Blind Banker:
Zoe Telford sebagai Sarah
Gemma Chan sebagai Soo Lin Yao
Al Weaver sebagai Andy Galbraith
Dan Percival sebagai Eddie Van Coon
Paul Chequer sebagai Detective Inspector Dimmock
Howard Goggins sebagai Brian Lukis
Olivia Poulet sebagai Amanda

Muncul di The Hounds of Baskervilles:
Russel Tovey sebagai Henry Knight
Amelia Bullmore sebagai Dr. Stapleton
Clive Mantle sebagai Dr. Frankland
Sasha Behar sebagai  Dr. Mortimer

Muncul di A Scandal in Belgravia:
Lara Pulver sebagai Irene Adler

Executive Producer: Mark Gatiss, Steven Moffat, Sue Vertue, Beryl Vertue.

Tidak ada komentar: